TIPS USAHA LAUNDRY YANG MENJANJIKAN KEUNTUNGAN












Tips Usaha laundry yang menjanjikan
 keuntunga Dikota besar bisnis ini sudah tak asing lagi. Bahkan, anda banyak melihat bisnis ini sudah berkembang dengan sistem waralaba. Memang, kelihatannya dengan waralaba akan tampak lebih mudah, cepat terkenal, dan langsung ramai. Oleh karena itu tidak salah bila anda mendirikan sendiri usaha ini.
Usaha ini cukup menjanjikan. Selain itu, usaha ini tergolong mudah dan simpel karna pada intinya anda hanya mencuci dan merawat baju para pelanggan. Untuk membuka usaha initempat adalah yang pertama kali harus anda sediakan. Bisa dirumah atau tempat lain yang kosong. Akan lebih baik bila tempatnya strategis, tapi bila tidak anda bisa menggantinya dengan strategi pemasaran yang baik.  Selain itu, anda butuh pekerja yang loyal dan mau bekerja keras.
Bila anda tertarik dengan bisnis ini, berikut beberapa persiapan yang perlu anda lakukan:
1.Lokasi yang strategis, lokasi yang strategis akan memudahkan anda memasarkan dan menemukan konsumen anda. Lokasi sebaiknya dekat keramaian dan  mudah dijangkau oleh konsumen.
2.  Tentukan target pasar/ konsumen
Target konsumen yang harus anda pilih adalah para mahasiswa, pekerja kantor yang masih lajang dan orang-orang yang tidak mau repot sendiri.
3.   Mesin cuci dan pengering pakaian.
4.  Alat setrika listrik
5.  Karyawan. Sementara itu, untuk tenaga admistrasi bisa anda tangani sendiri
6. Biaya operasional ( biaya sabun cuci, pewanggi dan pelembut pakaian, biaya air, listrik, plastik pembungkus).
7. Peralatan pendukung ( keranjang pakaian kotor, rak/ lemari untuk menempatkan pakaian yang siap kirim, gantungan, timbangan dan armada untuk antar jemput)
Kunci sukses bisnis ini terletak pada pemasaran. Jika anda bisa membuat proposal yang bagus dan memasukannya ke perusahaan dan rumah sakit atau instansi lain, dan mereka mau menjalin kerja sama dengan anda, maka anda sudah mempunyai pelanggan yang sangat besar. Tentu saja anda harus menjaga kualitas pelayanan dan memperkecil kesalahan agar pelanggan tidak lari kesaingan anda.
Bila nada menjalankan dengan sungguh- sungguh usaha ini, lambat laun anda bisa menambah armada mesin cuci karena banyaknya pelanggan anda yang datang. Jangan menganggap ini adalah bisnis rendahan, karena dengan keuletan, anda bisa meraup rupiah hanya bermodal mesin cuci. 
Sumber : Arzid,Rizem. 2010. Ragam bisnis jasa tanpa modal. Jogjakarta: BUKUBIRU