MANFAAT BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN







Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih Untuk Kesehatan
Bawang merah memiliki banyak  fungsi dan manfaat bagi manusia selain untuk bumbu masakan jga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh lo. Kandungn yang terdapat pada bawang merah meliputi vitamin C dan B1, lemak, protein,  asam folat, serat, kalsium, fosfor dan juga zat besi. Selain itu, bawang mearah juga mengandung zat yang dapat yang dapt mengatur secara alami horman auksin dan giberilin. Hampir sama dengan bawang putih. Berikut manfaat bawang merah untuk kesehatan :
1.      Meneymbuhkan sembelit
Kandungan yang terdapat dalam bawang merah dapat membantu membuang racun dan partikel makanan yang terjebak di dalam usus. Cara menyembuhkan sembelit dengan bawang merah sangat mudah anda cukup memakan bawang merah mentah langsug tanpa diolah terlebih dahulu.
2.      Mengatasi batuk
Selain menyembuhkan sembelit bawang merah juga ampuh mengobati batuk. Untuk mengobati batuk perlu menyediakan bawang merah 4 gr, daun poko segar 4 gr, daun sambung segar 4 gr, buah adas 2 gr, herba segar 4 gr dan air sekitar 125 ml. Cara meramu nya: haluskan semua bahan yang telah di sediakan, lalu masukkan kedalam air yang sudah disediakan tadi, kemudian minum airnya.

3.      Mengontrol diabetes
Jika anda menderika penyakit diabetes maka dianjurkan perbanyak mengosumsi bawang merah karna bawang merah selain untuk bumbu penyedap juga dapat meningkatkan produksi insulin.
4.      Melindungi jantung
Bumbu masakan ini juga mampu mengontrol tekanan darah tinggi. Jika anda mengosumsinya secara teratur dapat melindungi jantung dari bahaya penyakit koroner.
5.      .mencegah kanker
Memakan bawang merah secara mentah dapat melindungi tubuh dari kanker lampung, paru-paru, payudara, usus dan prostat. Karna bawang merah memiliki banyak kandungann berupa senyawa belarang dan surfur
6.      Menguranggi rambut rontok
Bawang merah dipercaya dapat mengatasi masalah rambut rontok. Iris siung bawang lalu gosokkan pada kulit kepala lalu pijat-pijat untuk mendapatkan hasil yang maksimal
7.      Menumbuhkan rambut
Selain mengurangi rambut rontok. Bawang merah juga berfungsi menumbuhkan rambu. Cara nya buat jus bawang merah dicampur dengan coconut oil dan pijatkan ke kulit kepala. Biarkan selama 40 menit lalu bilas dengan sampo.
8.      Mengatasi ketombe
Caranya buat jus bawang merah campur dengan lemon, dadih dan tambahkan sedikit madu. Kemudian oleskan pada rambut dan dia diamkan selama 30 menit.
9.      Menyembuhkan infeksi pada kulit kepala.
Bawang merah dapat menyembuhkan infeksi pada kulit kepala dan mencegah rambut rontok serta membantu membuka pori-pori yang tersumbat dari folikel rambut.
10. Membersihkan jerawat
Selain itu bawang merah juga berfungsi membersihkan noda bekas jerawat karan mengandung antiosidan yang dapat membunuh bakteri. Caranya belah dua bawang tersebut lalu oleskan pada wajah.
11. Mencegah dan mengobati flu.
Bawang merah juga dipercaya dapat mengobati dan mengobati flu. Caranya iris halus bawang tersebut dan rendam dengan air panas beberapa menit, lalu diminum.
12. Menyembuhkan sariawan
Bawang juga dapat menyembuhkan sariawan lho. Karna bawang putih mengandung suplemen yang dapat membantu  penyembuhan pada masalah sariawan.