TIPS AGAR KONSUMEN ANDA BETAH, SETIA MENGGUNKAN PRODUK YANG ANDA TAWARKAN









Tip agar konsumen anda betah, setia menggunakan produk yang anda tawarkan
Dalam sebuah usaha atau bisnis, konsumen ibarat raja yang perlu dihormati dan diperlakukan dengan baik. Perlakuan tersebut merupakan salah satu langkah awal untuk mencapai kesuksesan. Sebab, maju tidaknya usaha yang anda kelola, sangat tergantung pada seberapa jumlah konsumen anda. Bila konsumen anda mendapat pelayanan yang memuaskan ketika mereka menggunakan jasa anda, maka kemungkinan besar mereka akan setia menjadi konsumen tetap anda dan bahkan akan mempromosikan usaha anda kepada teman-temannya.
Bagaimana konsumen betah dan setia menggunakan jasa anda? Berikut ini tips-tips yang bisa anda coba :
1.      Sapalah konsumen dengan baik
Ketika konsumen datang ketempat anda, sambutlah dengan senyum, ucapkan selamat pagi atau selamat siang pada mereka. Hal ini merupakan sikap ramah yang telah anda tunjukkan kepada konsumen.
2.      Tanyakan apa keperluannya
Anda harus pro aktif menanyakan terlebih dahulu apa keperluan mereka dengan ucapan / bahasa yang sopan dan halus, misalnya “ ada yang bisa kami bantu?”
3.      Berikan kualitas terbaik
Setiap produk yang anda berikan harus yang terbaik. Sebab, jika nilai kualitasnya buruk, maka anda akan mengecewakan mereka dan mereka kemungkinan tidak akan menggunakan jasa anda lagi
4.      Berikan harga yang wajar
Pada tingkat persaingan yang ketat, harga suatu produk atau layanan/ jasa sangat menentukan. Untuk membeli sesuatu, konsumen biasanya memilih temapat mana yang lebih murah. Oleh karena itu, berikan mereka dengan harga yang wajar tapi tetap dibarengi dengn kualitas yang baik. Biasanya mereka akan kembali lagi ketempat anda atau akan menggunakan jasa anda lagi.
5.      Tepati janji
Upayakan setiap janji yang anda berikan kepada konsumen agar selalu ditepati. Jangan sekali-kali anda memberikan janji kepada mereka kalau memang andatidak bisa memenuhinya. Selain itu, hindari jangan sampai mereka bolak balik ketempat anda hanya karena janji yang tidak bisa anda penuhi. Bukan tidak mungkin, mereka akan kecewa dan pindah ke tempat lain. Unjung-ujungnya yang rugi adalah anda sendiri.
6.      Ciptakan rasa kekeluargaan
Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan hubungan dan komunikasi yang baik.
7.      Ciptakan ikatan psikologis
Misalnya memberikan ucapan selamat ulang tahun, selamat hari raya dan sebagainya. Hal itu bisa dilakukan dengan mengirim sms, kartu ucapan, kado atau bingkisan lain. Kiat ini cukup ampuh karena konsumen merasa diperhatikan.
Tujuh tips itu perlu anda lakukan untuk mempertahankan konsumen. Dengan demikian, usaha yang anda kelola akan semakin maju dan berkembang. Sebab, sekali lagi konsumen adalah raja. Mereka adalah orang yang memberikan uang pada anda dengan cara membeli barang atau jasa anda. Oleh karena itu, memp[ertahankan konsumen merupakan salah satu kunci sukses dari bisnis anda.  
Sumber: Aizid, Rizem.2010.Ragam Bisnis Tanpa Modal.yogyakarta:Buku Biru