TIPS AGAR BISNIS ANDA MERAIH PUNCAK KESEUKSESAN





Tip agar bisnis anda meraih puncak kesuksesan
Tujuan dari membangun sebuah usaha ialah bagaimana agar usaha atau bisnis yang dibangun bisa berjalan lancar/ sukses. Menurut Janet Attard ada beberapa saran yang perlu diikuti oleh para pengusaha agar usaha yang dujalankan bisa sukses. Tentunya, sejumlah saran yang berupa aturan dalam bisnis tersebut terlepas dari apa yang anda jual. Jika Anda menerapkan 10 aturan tersebut, anda akan tetap berada di depan, adapun sran tersebut sebagai berikut:
1.      Jujur pada diri sendirit
Tidak peduli berapa bayak uang yang dihasilkan orang lain, jika anda tidak menikmati usaha tersebut, tidak merasa bangga dengan apa yang anda kerjakan, dan bagaimana melakukannya, maka jangan lakukan. Jika anda menjalankan usaha yang tidak anda sukai atau tidak anda yakini, meskipun hanya sesaat meraih kesuksesan, maka ini akan menghantui anda.
2.      Temukan kebutuhan dan penuhi
Ya, Anda sudah seringkali mendengarnya. Tapi memang masih berlaku. Dengan menghasilkan produk atau jasa yang banyak orang tahu mereka membutuhkannya. Alasannya adalah anda tidak perlu mengeluarkan banyak waktu untuk meyakinkan prospek bahwa mereka membutuhkan apa yang anda jual. Anda bisa fokus mengapa anda adalah sumber terbaik untuk memuaskan kebutuhan mereka. Yakinkan bahwa “ kebutuhan” tersebut akan memuat orang mengeluarkan uang untuk memenuhinya.
3.      Pilih produk atau jasa yang bisa lebih banyak anda jual daripada yang anda keluarkan untuk membuat atau membelinya.
Jika perbedaan antara biaya dan nilai jual terlalu rendah, anda akan kesulitan menumbuhkan bisnis. Jika profit margin terlalu rendah, anda tidak memiliki cukup dana untuk menyewa karyawan.
4.      Membuat estimasi pengeluaran yang realistis kemudian gandakan
5.      Bersikap jujur pada pelanggan dan prospek anda
Jangan memberikan janji yang tidak bisa anda penuhi. Jangan berbohong atau membesar-besarkan benefit apa yang anda jual dan selalu berikan produk atau jasa yang berkualiats.
6.      Memahami pentingnya pemasaran dan belajar bagaiamana menjalankannya dengan efektif
7.      Perlakukan vendor, pabrik dan penyedia jasa dengan hormat dan biarkan mereka tahu bahwa anda menghargainya.
8.      Menggunakan web
Terlepas dari apa yang anda jual atau kepada siapa menjualnya, ada peluang yang baik jika konsumen berkesempatan menggunakan internet untuk melakukan pembelian. Jika konsumen tidak bisa menemukan anda untuk memenuhi kebutuhan mereka , mereka akan memilih salah satu pesaing anda.
9.      Jangan mengharap keajaiban
10. Ingatkan diri anda bahwa satu adalah angka tunggal dalam bisnis
Dengan menerapkan kesepuluh aturan dasar dalam bisnis agar menjadi sukses, niscaya usaha yang sedang anda kelola akan mengalami kemajuan dan perkembang yang pesat. Paling tidak omzet anda akanmeningkat dari sebelumnya. Oleh karena itu, ada baiknya anda mencoba sejumlah saran tersebut.


Sumber: Aizid, Rizem.2010.Ragam Bisnis Tanpa Modal.yogyakarta:Buku Biru