MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN








Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Siapa yang tidak mengenal dengan buah jeruk, mungkin semua orang sudah mengenalnya, bentuk yang mungil dan rasa yang khas. Disamping itu jeruk memiliki banyak manfaat. Tanaman ini memiliki nama latin Citrus aurantifolia memiliki rasa yang sedikit pahit dan asam. Kandungan yang yang terdapat pada jeruk nipis yaitu minyak terbang limonene dan flavonoid seperti hesperidine, poncirin, Rhoifolin dan Naringin serta linalool. Jika jeruk masak mengandung Synepphrine, N-Methyltyramine, asam sitra, fosfor, kalsium, besi, serta vitamin A,B1, dan C.
Berikut Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan dan kecantikan :
1.      Meningkatkan kinerja pencernaan
Mengosumsi jeruk dapat merangsang dan mengaktifkan seluruh proses pencernaan tubuh anda. Caranya peras jeruk nipis, masukakan kedalam segelas air panas kemudian diminum.
2.      Menghambat penuaan
Kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk mampu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kulit. Dengan meminum segelas jeruk nipis dapat menghindarkan keriput penuaan dini.
3.      Mencegah batu ginjal
Batu ginjal dapat di cegah dengan meminum dua butir jeruk diperas dan dicampurkan ke dalam 2 gelas air panas. Lakukan selama 10 hari berturut-turut setelah makan malam.
4.      Sakit gigi
Kandungan yang terdapat dalam jeruk nipis  dapat mengobati rasa sakit gigi. Caranya sediakan akar kecubung hitam, legetan warak dan garam. Giling ketiga bumbu tersebut lalu aduk dengan perasan jeruk. kemudian lakukan penyaringan, ambil airnya untuk berkumur selama beberapa menit. Lakukan semala 4- 6 kali sehari
5.      Mengatasi rambut rontok
Caranya peras satu jeruk nipis. Ambil airnya kemudaian oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama semalam
6.      Menghilangkan ketombe
Peras satu buah jeruk nipis lalu ambil airnya oleskan pada kulit kepala, diamkan selama 20-30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan selama 2 sampai 3 hari.
7.      Membantu mengankat kulit mati
Kandungan AHA yang terdapat pada jeruk nipis dipercaya mampu menganggat sel kulit mati. Caranya ambil air jeruk nipis murni hasil perasan oleskan pada kulit dengan bantuan kain atau kapas.
8.      Membantu membersihkan komedo
Jeruk nipis juga dipercaya dapat menghilangkan komedo. Caranya gosokkan air jeruk nipis pada wajah. Diamkan selama semalam.
9.      Menambah stamina
Campurkan sebutir kuning telur kedalam air jeruk  tambahkan sedikit gula merah. Aduk sampai rata, kemudian diminum. Lakukan sekali dalam satu minggu.
10. Mengobati batuk
Caranya peras satu jeruk nipis campurkan dengan 1 sendok makan madu dan tambah sedikit garam. Lalu adu hinga rata kemudian disaring. Diminum 2-3 kali sehari.