KIAT SUKSES MENJALANKAN USAHA CUCI SEPEDA MOTOR DAN MOBIL




Kiat sukses menjalankan usaha cuci sepeda motor dan mobil
Saat ini banyak orang yang enggan atau malas untuk mencuci sendiri sepeda motor atau mobil miliknya. Hal itu karena, pekerjaan ini oleh sebagian besar orang merupakan pekerjaan yang membosankan. Selain itu, memang mencuci kendaraan tidak menjamin kebersihan kendaraan karena banyak sudut-sudut yang tidak terjangkau yang mungkin hanya bisa dilakukan dengan alat tertentu. Kiat kiat menjalankan usaha cuci motor sebagai berikut:
1.  Cari lokasi usaha yang banyak kendaraan bermotor. Pertimbangkan persaingan dan lingkungan banyak penduduk.
2.     Mencari dan melatih tenaga kerja tentang cara dan standar kebersihan dalam mencuci sepeda motor sampai menyemir ban. Pilih pekerja yang mau bekerja keras dan tidak malas. Gaji mereka berdasarkan jumlah motor yang dicuci. Ini dapat merangsang mereka agar giat bekerja dan mengurangi resiko jika jumlah konsumen sedikit.
3.     Latih tenaga kerja tersebutcara melayani dan berhubungan dengan konsumen.
4.     Tentukan harga cuci sepeda motor. Penentuan harga tergantung dari potensi pengguna jasa dan pelayanan yang anda tawarkan.
5.     Administrasi yang rapi, yaitu mencatat setiap pengeluaran. Berikan kuitansi pada setiap konsumen mencuci motorny ditempat anda.
Hambatan dan kunci sukses menjalankan usaha cuci sepeda motor
Tidak begitu banyak hambatan dalam bisnis ini kecuali persaingan. Kunci sukses dari bisnis ini adalah kualitas hasil cucian anda akan menjadi pertimbangan bagi para pelanggan. Jika kwalitas dinilai kuarang memuaskan, mereka bisa mencari tempat lain. Tetapi, jika hasilnya memuaskan mereka, maka mereka akan terus menggunakan jasa andadanbahkan mempromosikannya ke teman-temannya yang lain. Dengan begitu usaha anda bisa berkembang dan maju.
Sumber : Arzid,Rizem. 2010. Ragam bisnis jasa tanpa modal. Jogjakarta: BUKUBIRU