Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian perkembangan dan pertumbuhan
Pengertian perkembangan
Adalah suatu proses perubahan yang bersifat progresif dan menyebabkan tercapainya kemampuan dan karakteristik psikis yang baru dan berlangsung secara terus-menerus ke arah yang lebih baik. Perkembangan tidak bisa dipisahkan dengan pertumbuhan karna berkat pertumbuhan tercapai kematangan.
Perbedaaan antara pertumbuhan dan kematangan, pertumbuhan menunjukkan perubahan biologis seperti bertambah panjang ukurran tungkai seseorang, otot - otot bertambah kuat dan membesar sehingga tubuh tampak makin besar dan kokoh. Demikian juga organ tubuh bagian dalam bertambah kuat dan berfungsi sempurna.sedangkan kematangan menunjukkan perubahan biologis yang besifat kualitatif, perkembangan ini sulit untuk diamati atau dikur seperti bertambah kompleksnya sistem syaraf dan jaringan otot pada anak.
Pengertian pertumbuhan
         Pertumbuhan adalah adanya perubahan pada diri indivdu yang bersifat fisik dan dapat diukur secara kuantitatifseperti perubahan tinggi badan, perubahan berat badan dan sebagainya.
Prinsip-prinsip perkembangan
    Prinsip-prinsip perkembangan remaja adalah suatu kondisi yang belangsung selama proses perkembangan, perkembangan ini berupa perkembangan fisik maupun psikis. Prinsip-prinsip perkembangan pada remaja sebagai berikut:
     1.      Prinsip tempo dan irama perkembangan
Setiap remaja meiliki tempo dan irama perkembangan yang berbeda dengan remaja yang lain. Tempo berarti waktu dan masa artinya ada perbedaan kecepatan pertumbuhan antar 1 orang dengan orang lain, misalnya anak A dan anak B sama-sama berumur 1 tahun dimana anak A lebih dulu pandai berbicara dari pada anak B. Sedangkan irama berarti variasi atau fluktuasi naik turunnya kecepatan perkembangan individu. Perkembangan ini dapat dipercepat atau diperlambat tergantung pada lingkungan tempat tinggal. Apabila lingkungannya memberikan rangsangan yang sesuai makam makin baik pula irama perkembangannya.
     2.      Prinsip Kematangan
Prinsip kematangan yang dimaksud disini adalah matang secara kognitif, sosial dan emosional serta moral. Matang secara kognitif maksudnya mampu memahami konsep-konsep yang ada seperti nilai kebenaran. Namun kematangan remaj itu tidak sama. Demikian juga dengan kematangan sosial, emosional dan moral
    3.      Prinsip kesamaan pola
Bahwa anak mengikuti pola perkembangan yang sama misalnya anak yang berumur 14 tahun sama-sama memasuki masa pra remaja dan siap memasuki sekolah menengah pertama
    4.      Prinsip kontinuitas
Dalam prinsip ini dijelaskan bahwa perkembangan berlangsung secara rerus-menerus dan berkesinabungan.
    5.      Prinsip Masa Peka
Pada masa ini anak mempunyai kesiapan terbaik untuk melaksanakan tugas perkembangannya dalam fungsi tertentu. Misalnya masa peka untuk berjalan adalah pada tahun kedua, masa peka untuk mengingat atau menghafal sesuatu pada tahun ketiga dan ke empat, masa peka untuk belajar menggambarkan sesuatu adalah pada tahun kelima, masa peka untuk perkembangan ingatan logis adalah pada tahun kedua belas dan ketigabelas dan seterusnya.
    6.       Prinsip Masa Menentang
Individu tidak selamanya dalam kondisi tenang dan teratur namun ada masa-masa tertentu individu mengalami guncangan. Guncangan ini terjadi pada saat berusia antara 3-4 tahun dan pada usia 14-17 tahun
    7.      Prinsip Masa eksploratif
Eksploratif berarti penjelajahan maksudnya bahwa perkembangan seseorang merupakan suatu penjelajahan pada individu yang bersangkutan, misalnya untuk dapat mengenali dunia maka dia perlu melakukan penjelajahan agar menemukan nilai-nilai kehidupan.
    8.      Prinsip Perkembangan Diri
Didalam konsep ini dinyatakan bahwa setiap individu memiliki keinginan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.
CIRI-CIRI REMAJA YANG SEDANG BERKEMBANG
Ciri- ciri remaj yang sedang berkembang cendrung digambarkan sebagai pemuculan tingkah laku yang negatif. Remaja yang memperlihatkan tingkah laku negatif karena lingkungan yang tidak memperlakukan mereka sesuai tuntutan atau kebutuhan perkembangan mereka. Berikut ciri-ciri atau karakteristik perkembangan remaja:
    1.      Kegelisahan
Difase ini remaja memiliki banyak idealisme, angan-angan atau keinginan yang hendak diwujudkan. Namun, mereka belum meiliki keberanian dan kemampuan untuk mencapainya. Oleh karena itu mereka merasa kesulitan dalam melakukan peran. Pada waktu tertentu orang tua mereka menganggap mereka terlalu muda untuk terlibat dalam suatu kegiatan
    2.      Pertentangan
Sebagai individu yang sedang mencari identitas diri. Oleh karena itu, remaja memerlukan keyakinan hidup benar untuk mengarahkan mereka dalm bertingkah laku. Pada kondisi ini remaja ingin melepaskan diri dari orang tua dan ingin mandiri namun mereka mengalami kebingungan karena sering terjadi pertentangan pendapat antara mereka dengan orang tua
    3.      Aktifitas kelompok
Perhatian remaja lebih terarah kepada teman sebaya dan secara berangsu rmelepaskan diri dari keterikatan keluarga. Kebanyakan remaja menemukan jalan dari kesulitannya setelah berkumpul dengan teman sebaya mereka dan mereka bersama-sama menyelesaikan masalah tersebut.
    4.      Timbulnya ketertarikan dengan lawqan jenis
Dalam hal ini remaja mulai melakukan pendekatan dengan lawan jenis . dengan kata lain bahwa remaja mulai timbul keinginan untuk akrab dengan jenis, tempat menyatakan isi hati atau berbagi rasa.