RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : xxxxxxxxx
Mata Pelajaran : IPS Terpadu
Kelas / Semester : VII/II
Standar Kompetensi : 4. Memahami Usaha Manusia Untuk Mengenali Perkembangan Lingkungannya.
Kompetensi Dasar : 4.1 Menggunakan peta, atlas dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
Indikator : 4.1.1 Membedakan peta, atlas dan globe.
4.1.2 Mengidentifikasi jenis dan bentuk dan pemanfaatan peta.
4.1.3 Mengidentifikasi informasi geografis pada peta, atlas dan globe.
4.1.4 Mengartikan berbagai skala.
4.1.5 Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinasi.
Alokasi Waktu : 3 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1. Membedakan peta, atlas dan globe.
2. Mengidentifikasi jenis dan bentuk dan pemanfaatan peta.
3. Mengidentifikasi informasi geografis pada peta, atlas dan globe.
4. Mengartikan berbagai skala
5. Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinasi.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian peta, atlas dan globe.
2. Jenis peta dan bentuk peta.
3. Penggunaan indeks, daftar isi, garis lintang dan bujur serta keterangan tepi pada peta, atlas dan globe untuk mencari informasi geografis pada peta.
4. Skala peta.
5. Memperbesar dan memperkecil peta.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan
D. Media
Chart
E. Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan
- Membaca salam dan baca basmalah (religius).
- Guru memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa (disiplin, jujur dan sehat).
- Melakukan apersepsi (kreatif dan kritis).
- Guru memotivasi siswa tentang pentingnya materi yang akan dipelajari (inovatif dan kritis).
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran (kreatif dan terbuka).
b. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
- Guru meminta siswa untuk membaca referensi tentang peta, atlas, peta globe, jenis, bentuk dan pemanfaatan peta (percaya diri, cinta ilmu dan inovatif).
- Beberapa siswa diminta untuk menjelaskan materi tentang peta, atlas, peta globe, jenis, bentuk dan pemanfaatan peta (tanggungjawab dan kritis).
2. Elaborasi
- Melalui tanya jawab guru menjelaskan tentang materi pembelajaran (kritis dan kreatif ).
- Siswa mengamati chart yang ditampilkan guru (kreatif).
- Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab dikelas yang difasilitasi guru (berani dan sportif).
- Siswa menjelaskan pengertian peta, atlas, peta globe, jenis dan bentuk peta (berani, sportif percaya diri dan kreatif).
3. Konfirmasi
- Dalam Tanya jawab guru menjelaskan dan meluruskan semua pendapat siswa (menghargai dan prestasi).
- Guru menanyakan hal-hal yang belum dimengerti siswa (menghargai dan terbuka).
- Guru menjelaskan kembali hal-hal yang belum dimengerti siswa (tanggungjawab).
- Guru memberikan reward kepada siswa yang telah aktif dalam kegiatan pembelajaran (sportif).
c. Kegiatan Penutup
- Siswa diberi kesempatan untuk menyimpulkan materi yang diajarkan hari ini dengan bimbingan guru (percaya diri, terbuka dan kreatif).
- Guru menyempurnakan kesimpulan siswa (menghargai prestasi).
- Memberikan kuis/penilaian pada akhir pembelajaran (kritis).
- Memberikan tugas rumah (tanggungjawab).
- Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya (cinta ilmu dan kritis).
F. Sumber/ Bahan/Alat Belajar
1. Kurnia, anwar. 2010. IPS Terpadu SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Yudistira
2. Mulyadi, dkk.2007. IPS Terpadu SMP/MTs Kelas VII. Semarang: Aneka Ilmu
3. Nurdin, muh, dkk. 2008. Materi Belajar IPS Untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas
G. Penilaian
Teknik Penilaian : Tes Tulisan
Bentuk Penilaian : Tes Uraian
Instrumen Soal :
Tes Uraian
1. Coba jelaskan pengertian peta, atlas dan globe?
2. Sebutkan bentuk-bentuk peta!
3. Sebutkan manfaat dari peta!
4. Jelaskan pengertian dan kegunaannya?
5. Jelaskan perbedaan peta umum dan peta khusus?
Kunci Jawaban
1. Xxxxxxxx
2. Xxxxxxxxx
3. Xxxxxxxx
4. \xxxxxxx
5. Xxxxxxxxx